Politeknik Negeri Padang gelar UTBK Program BANGSA tahun 2024 bersama PT Semen Padang

Politeknik Negeri Padang gelar UTBK Program BANGSA tahun 2024 bersama PT Semen Padang

 

Politeknik Negeri Padang (PNP) bersama PT Semen Padang, menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2024/2025 melalui Program Beasiswa Anak Nagari Semen Padang (BANGSA) pada hari Sabtu, 16 Maret 2024. Pelaksanaan UTBK ini merupakan implementasi dari perjanjian kerja sama antara PNP dan PT Semen Padang untuk melaksanakan Program BANGSA yang telah ditanda tangani pada tanggal 22 Februari 2024 di Wisma Indarung PT Semen Padang.

UTBK diikuti oleh 33 peserta yang berasal dari wilayah ring 1 PT. Semen Padang yang tersebar di 12 kelurahan yang ada di 3 kecamatan di Kota Padang, yaitu Kecamatan Lubuk kilangan, Pauh, dan Lubuk Begalung. UTBK menggunakan dua laboratorium komputer Jurusan Teknologi Informasi yang berada di Gedung E PNP yaitu laboratorium Sistem Informasi dan Laboratorium Multimedia yang dimulai dari pukul 09.00 sampai pukul 11.00 WIB.

Wakil Direktur IV Bidang Kerja Sama PNP, Ir. Ihsan Lumasa Rimra, SST., M.Sc. DECN mengatakan bahwa UTBK Program Bangsa kerja sama PNP dengan PT Semen Padang dilakukan untuk Program Studi Diploma III Teknik Mesin. Mekanisme UTBK ini mengikuti aturan dari Kemendikbudristek, sehingga pada UTBK sekarang ini berbeda dengan UTBK penerimaan mahasiswa baru sebelumnya. Soal ujian meliputi Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Tes Potensi Skolastik (TPS).

TPS ini adalah aturan baru dari Kemendibudristek yang bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan kognitif yang mencakup penalaran umum dan pemahaman. Dalam TPS peserta UTBK ini akan diberikan sebuah kasus. Kemudian dari kasus tersebut, peserta diminta untuk menyelesaikan permasalahannya. Untuk server dari soal TPS dibuat oleh tim dari PNP.

 

 

Bapak Ihsan juga menjelaskan bahwa syarat lainnya bagi Program BANGSA ini adalah seleksi administrasi seperti usia maksimal 19 tahun, nilai rata-rata rapor semester 1-5 minimal 85, terdaftar sebagai penerima KIP, dan mendapat rekomendasi dari Kerapatan Adat Nagari (KAN) di tiga Kecamatan di Wilayah Ring 1 PT Semen Padang. Hasil UTBK dan seleksi administrasi yang dilakukan, akan disampaikan ke pihak PT Semen Padang hasilnya untuk diumumkan pada 28 Maret 2024. Namun yang pasti, pihak Semen Padang menginginkan calon mahasiswa PNP Program BANGSA ini yang betul-betul memenuhi kualifikasi.

 

 

Sementara itu, Kepala Seksi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Unit CSR PT Semen Padang, Bapak Nurwan yang hadir pada UTBK Program Bangsa itu menyampaikan bahwa program ini diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu yang ada di lingkungan PT Semen Padang. Meskipun peserta hanya 33 orang, PT Semen Padang berharap UTBK ini menghasilkan lulusan terbaik yang sesuai dengan persyaratan lulus yang diminta oleh PNP. Karena memang UTBK untuk Program BANGSA ini sepenuhnya kewenangan dari PNP. Bapak Nurwan menyampaikan bahwa PT Semen Padang hanya menerima hasilnya. Bapak Nurwan juga menjelaskan bahwa Program BANGSA program tahun 2024, di mana PT Semen Padang akan memilih putra/putri terbaik untuk diberikan kesempatan kuliah di PNP. Dan selama kuliah di PNP mereka akan mendapat fasilitas pembiayaan uang semester hingga tamat kuliah dan uang saku bulanan. Selain fasilitas pembiayaan dan uang saku, keunggulan lain dari program ini adalah mahasiswa yang ikut program ini juga akan merasakan langsung program-program praktik kerja di lapangan atau di lingkungan PT Semen Padang.

 

Humas PNP 2024